Perbedaan Antara Akuntansi dan Pembukuan

Perbedaan Antara Akuntansi dan Pembukuan Ini Harus Anda Pahami Dengan Baik

Banyak sekali orang yang menganggap bahwa akuntansi dan pembukuan adalah sama. Namun, kenyataannya berbeda. Meskipun berbeda, namun keduanya saling terkait, dimana proses pertama dalam memulai kegiatan akuntansi adalah book-keeping. Keterkaitan lainnya adalah keduanya sama-sama bersumber dari informasi keuangan yang dimiliki perusahaan.

Proses book-keeping tidak bisa dipisahkan dari proses akuntansi. Dimana, book-keeping merupakan landasanya dari proses akuntansi dan jika book-keepingnya dibuat secara benar, maka proses akuntansi pun akan berjalan dengan sempurna.

Lalu, apa sebenarnya yang membedakan diantara keduanya? Dari pada dibuat penasaran, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan Antara Akuntansi dan Pembukuan

Perbedaan Antara Akuntansi dan Pembukuan
Perbedaan Antara Akuntansi dan Pembukuan
  1. Dilihat dari segi pengertiannya

    Jika dilihat dari pengertiannya, maka jelas sekali bahwa antara pembukuan dan akuntansi merupakan dua hal yang berbeda.

    Dimana book-keeping adalah kegiatan catat-mencatat transaksi keuangan yang terjadi di dalam perusahaan secara sistematis, sedangkan akuntansi adalah pencatatan yang dilakukan secara teratur mengenai informasi keuangan suatu perusahaan/organisasi/lembaga lain yang dilengkapi juga dengan pelaporannya untuk jangka waktu tertentu.

  2. Dilihat dari segi cakupannya

    Pembukuan sederhana merupakan bagian dari akuntansi, sedangkan akuntansi memiliki cakupan yang lebih luas daripada book-keeping.

    Untuk lebih jelasnya, book-keeping meliputi kegiatan mencatat faktur dari pemasok barang, menerbitkan faktur kepada konsumen, mencatat penerimaan kas dari konsumen, mencatat perubahan persediaan, membayar transaksi kas kecil, memproses gaji, dan membayar suplier.

    Sedangkan untuk akuntansi, kegiatannya meliputi menyiapkan buku besar, membuat daftar akun, menerbitkan laporan managemen yang dicocokkan dengan isu-isu spesifik, merancang laporan keuangan, membuat laporan pajak, membuat anggaran serta membandingkannya dengan hasil yang sebenarnya, dan lain-lain.

  3. Dilihat dari sisi pengambilan keputusan

    Rasanya kurang lengkap jika suatu keputusan hanya diambil dari data pembukuan saja. Untuk itu, perusahaan harus melengkapinya dengan laporan akuntansi, sehingga keputusan yang diambil tepat.

  4. Dilihat dari metode yang digunakannya

    Book-keeping hanya mengenal dua metode saja yaitu single entry dan double entry, sedangkan akuntansi mengenal beberapa metode seperti Akuntansi Managemen, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sumber Daya Manusia, Akuntansi Biaya, dan Akuntansi Sosial Responsibility.

  5. Dilihat dari pekerjanya

    Karena book-keeping merupakan proses awal dari akuntansi, maka pekerjanya tidak perlu memiliki pengetahuan yang banyak mengenai akuntansi. Biasanya lulusan SMP atau SMA sudah bisa dipekerjakan sebagai book-keeper.

    Nah, untuk pegawai yang bekerja di bidang akuntansi atau biasa disebut sebagai pegawai akuntan harus memiliki pengetahuan yang lebih mengenai dunia akuntansi. Pendidikan minimal yang disyaratkan adalah sarjana.

    Baik pekerjaan book-keeping maupun akuntansi memerlukan ketelitian dan kejelian yang lebih dalam mengolah informasi akuntansi, karena jika salah dalam menulis jumlahnya maka akan berakibat fatal bagi perusahaan.

    Nah, untuk menghindari adanya kesalahan tersebut, lebih baik setiap ada transaksi yang masuk langsung di catat pada format yang telah disediakan. Jangan sampai menunggu transaksi menumpuk untuk dicatat, karena ini akan meningkatkan resiko kesalahan dalam pencatatan.

Setelah menyimak informasi tersebut, pastinya Anda sudah paham perbedaan antara pembukuan dan akuntansi. Dengan begitu, Anda dapat mencari pegawai yang tepat untuk menangani masalah book-keeping ataupun akuntan di perusahaan Anda.

Untuk mendapatkan informasi seputar dunia usaha yang lengkap dan mendalam, silahkan kunjungi https://sleekr.co/accounting/. Informasi mengenai software akuntansi, tips menjalankan bisnis yang baik, kiat-kiat mengembangkan bisnis dan semua hal yang berhubungan dengan bisnis kecil sampai menengah tersedia secara lengkap pada sleekr. Jadi Anda jangan lupa untuk mengunjunginya. Dijamin ilmu-ilmu bermanfaat dalam berbisnis bisa Anda dapatkan pada situs tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *