Cara Mudah Menanam Rambutan

Cara Mudah Menanam Rambutan

Pohon buah rambutan yang berbuah memiliki penampilan buah yang berbulu kriting pendek. Buah berbulu tersebut berbentuk oval dengan satu biji didalamnya. Kulit luarnya berwarna kemerahan atau kadang – kadang oranye atau kuning, lapisan kulitnya berdaging tapi tidak bisa dimakan. Daging didalamnya berwarna putih atau merah muda pucat rasanya mirip dengan rasa buah anggur. Biji buahnya dapat dimasak dan dikonsumsi. Yuk cus kita simak beberapa langkah dalam bercocok tanam rambutan berikut ini : 1. Lokasi Tanam Rambutan Tanaman rambutan bisa tumbuh subur di daerah tropis atau subtropis. Mereka berkembang secara baik pada temperatur suhu sekitar 22 sampai 31 derajat celcius. Pohon rambutan tumbuh secara baik di daerah beriklim hangat seperti kawasan Asia Tenggara Jual Bibit Rambutan.

Namun bila Anda memiliki kebun atau rumah kaca, Anda bisa menempatkan tanaman rambutan Anda disitu untuk mengembangbiakkan tanaman rambutan yang ditumbuhkan melalui wadah seperti pot. 2. Tips Dalam Menumbuhkan Rambutan Jika kondisi alam di daerah Anda berubah – ubah maka Anda harus siap untuk melindungi pohon dari fluktuasi suhu yang mendadak. Karena pohon rambutan harus tetap dalam kondisi lembab. Suhu dan kelembaban yang tepat adalah kunci untuk menumbuhkan rambutan sampai sukses panen. Pohon rambutan dapat ditumbuhkan melalui biji atau bibit yang keduanya dalam hal ini dapat Anda coba tanam sendiri. Bibit harus dalam kondisi yang sangat segar, kurang dari seminggu setelah di ambil dari buah dan masih layak kondisinya serta bersih.

Tanam biji rambutan dalam wadah kecil dengan lubang drainase dan isi dengan tanah organik campuran pasir dan kompos organik. Tempatkan benih di tanah dan tutup juga dengan tanah. Dibutuhkan waktu antara 15 sampai 20 hari bagi benih atau biji rambutan untuk berkecambah. Lalu akan memakan waktu sekitar 2 tahun bagi pohon agar cukup besar untuk ditransplantasikan ke luar ruangan. Pohon yang ditransplantasikan masih rapuh, sehingga lebih baik di sortir terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam tanah. Pohon yang ditransplantasikan harus ditempatkan dalam keramik bukan plastik, pot berbahan tanah liat memiliki sistem drainase yang baik karena memiliki lubang – lubang air di bawah pot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *